Senin, 09 Mei 2016

Mengajar Hari ke-2 Di SDN Kemanggisan 18 Petang (21/03/2016)




Kelas                          : LC01
Dosen                         : Hermawan Windiya, S.Fil., M.Hum
Kode Dosen               : D3331
Waktu                         : Senin, 21 Maret 2016
Jam                             : 12.30 - 15.00
Jumlah Anak didik     : 30 anak (kelas 4 dan 5)
Lokasi                  : Jalan Pln I RT 02/09,Kel. Kemanggisan, Kec. Palmerah, Jakarta Barat.

Anggota yang hadir :

1. Muhammad Fajri Ramdani (1901518701)
2. Annisa Rahma Syuhada (1901529043)
3. Fiona Cahyani (1901461325)
4. Arief Ramadhan Faizal (1901499601)
5. Raymond Dicksen (1901463715)
6. Robby Shalahuddin (1901509672)
7. Danil Priyanda (1901522043)
8. Dhia Qaedy Satya Whicaksana (1901523872)

Anggota yang tidak hadir : Tidak ada






                     Setelah jeda 1 minggu, kami memulai kembali kegiatan mengajar di SDN 18 Kemanggisan Petang. Kegiatan belajar pada hari itu sesuai dengan apa yang diinginkan murid-murid yaitu kami diminta mengajarkan pelajaran Matematika. Tapi seperti biasanya murid-murid sebelum memulai kegiatan belajar baris berbaris terlebih dahulu di luar ruangan setelah itu para murid-murid membaca do’a, setelah membaca do’a para murid-murid menyanyikan lagu kebangsaan yaitu “Indonesia Raya” dengan hikmat.
                Kegiatan belajar pada hari senin tanggal 21  maret, kelas 4 mengajarkan pelajaran Matematika dengan materi jaring-jaring bangun ruang. Pada hari itu para murid-murid berkelakuan dengan baik dan sopan kepada kami para pengajar. Kami memberi materi pelajaran tersebut dengan pelan-pelan dan mengulang-ngulang agar para murid paham dengan materi yang kami sampaikan, meskipun kami sudah menjelaskan dengan tempo yang pelan dan mengulang-ngulang tetapi ada beberapa murid yang belum mengerti juga mungkin karena memang pelajarannya lumayan sulit sepertinya bagi mereka, lalu ketua kelompok kami memberi tahu kepada satu personil untuk menjelaskan kembali kepada beberapa murid yang belum mengerti itu. Pada hari itu kami membuat alat peragaan jaring-jaring bangun ruang tersebut dengan menggunakan kertas agar para murid-murid lebih mengerti, karena cara tersebut mereka bisa melihat secara langsung tidak hanya membayangkan saja, dan ternyata benar cara tersebut sangatlah efektif. Setelah menjelaskan semua materi seperti biasa kami memberi latihan kepada murid-murid namun ada satu orang murid yang memberi usulan ke kami untuk bermain game, dan kamipun menyetujuinya karena mungkin latihan dengan bentuk seperti bermain game lebih efektif. Pada akhir pertemuan ini para murid yang menang bermain game meminta hadiah ke kami namun karena kami belum mengadakan persiapan kami berjanji di pertemuan selanjutnya kami akan membawakan mereka hadiah berupa coklat. Dan kami tidak lupa menanyakan materi apa yang ingin mereka terima di minggu selanjutnya dan murid-murid meminta kami untuk mengajarkan pelajaran IPS.

                Pada pertemuan minggu ke 2 ini kami yang mengajar di kelas 4 mengambil kesimpulan bahwa ada beberapa murid yang susah mengerti pelajaran dan harus di ajarkan secara khusus oleh salah seorang personil yang mengajar kelas 4.





                Sedangkan dikelas 5, selain mengajarkan mata pelajaran Bahasa Inggris yang telah di anjurkan oleh guru-guru Sekolah Dasar tersebut, kami juga mengajarkan matematika sebagai variasi.
                  Pada pertemuan kedua ini, kami mengajarkan rumus-rumus bidang dasar seperti segitiga, jajaran genjang, persegi dan lain sebagainya. Walaupun ada guru yang sudah mengajarkan materi ini terhadap murid-murid tetapi masih ada juga beberapa murid yang masih kurang paham tentang materi tersebut. Oleh karena itu, kami mengajarkan materi tersebut agar murid-murid lebih paham dan tidak tertinggal. Kami sebagai kakak pengajar memilih mengajar dimulai dari rumus-rumus agar siswa/i lebih paham dasarnya. Agar semua siswa/siswi lebih paham kami memberikan beberapa soal sebagai quiz untuk dijawab oleh mereka(siswa/i). Kami mengajak anak-anak untuk maju ke depan untuk menjawab masing-masing satu murid satu soal. Walaupun ada beberapa yang masih ragu untuk menjawab soal tersebut, kami juga membantu mereka untuk menyelesaikan soal tersebut. setelah itu mengerjakan latihan tersebut kami meluangkan waktu dan membuat permainan agar murid-murid tidak terlalu tertekan (stress) dengan materi tersebut, selain itu sambil menunggu jam kelas berakhir.















Tidak ada komentar:

Posting Komentar