Kelas : LC01
Dosen
: Hermawan Windiya, S.Fil.,
M.Hum
Kode Dosen
: D3331
Waktu
: Senin, 21 Maret 2016
Jumlah Anak didik : 30 anak (kelas 4 dan 5)
Anggota yang hadir :
1. Muhammad
Fajri Ramdani (1901518701)
2. Annisa
Rahma Syuhada (1901529043)
3. Fiona
Cahyani (1901461325)
4. Arief
Ramadhan Faizal (1901499601)
5. Raymond
Dicksen (1901463715)
6. Robby
Shalahuddin (1901509672)
7. Danil
Priyanda (1901522043)
8. Dhia Qaedy
Satya Whicaksana (1901523872)
Anggota yang tidak hadir : Tidak ada
Setelah jeda 1
minggu, kami memulai kembali kegiatan mengajar di SDN 18 Kemanggisan Petang.
Kegiatan belajar pada hari itu sesuai dengan apa yang diinginkan murid-murid
yaitu kami diminta mengajarkan pelajaran Matematika. Tapi seperti biasanya
murid-murid sebelum memulai kegiatan belajar baris berbaris terlebih dahulu di
luar ruangan setelah itu para murid-murid membaca do’a, setelah membaca do’a
para murid-murid menyanyikan lagu kebangsaan yaitu “Indonesia Raya” dengan
hikmat.
Kegiatan belajar pada hari senin
tanggal 21 maret, kelas 4 mengajarkan
pelajaran Matematika dengan materi jaring-jaring bangun ruang. Pada hari itu
para murid-murid berkelakuan dengan baik dan sopan kepada kami para pengajar.
Kami memberi materi pelajaran tersebut dengan pelan-pelan dan mengulang-ngulang
agar para murid paham dengan materi yang kami sampaikan, meskipun kami sudah
menjelaskan dengan tempo yang pelan dan mengulang-ngulang tetapi ada beberapa
murid yang belum mengerti juga mungkin karena memang pelajarannya lumayan sulit
sepertinya bagi mereka, lalu ketua kelompok kami memberi tahu kepada satu
personil untuk menjelaskan kembali kepada beberapa murid yang belum mengerti
itu. Pada hari itu kami membuat alat peragaan jaring-jaring bangun ruang
tersebut dengan menggunakan kertas agar para murid-murid lebih mengerti, karena
cara tersebut mereka bisa melihat secara langsung tidak hanya membayangkan
saja, dan ternyata benar cara tersebut sangatlah efektif. Setelah menjelaskan
semua materi seperti biasa kami memberi latihan kepada murid-murid namun ada
satu orang murid yang memberi usulan ke kami untuk bermain game, dan kamipun
menyetujuinya karena mungkin latihan dengan bentuk seperti bermain game lebih
efektif. Pada akhir pertemuan ini para murid yang menang bermain game meminta
hadiah ke kami namun karena kami belum mengadakan persiapan kami berjanji di
pertemuan selanjutnya kami akan membawakan mereka hadiah berupa coklat. Dan
kami tidak lupa menanyakan materi apa yang ingin mereka terima di minggu
selanjutnya dan murid-murid meminta kami untuk mengajarkan pelajaran IPS.
Pada pertemuan minggu ke 2 ini
kami yang mengajar di kelas 4 mengambil kesimpulan bahwa ada beberapa murid
yang susah mengerti pelajaran dan harus di ajarkan secara khusus oleh salah
seorang personil yang mengajar kelas 4.
Sedangkan dikelas 5, selain mengajarkan mata pelajaran
Bahasa Inggris yang telah di anjurkan oleh guru-guru Sekolah Dasar tersebut, kami juga mengajarkan matematika sebagai variasi.
Pada pertemuan kedua ini, kami
mengajarkan rumus-rumus bidang dasar seperti segitiga, jajaran genjang, persegi
dan lain sebagainya. Walaupun ada guru yang sudah mengajarkan materi ini
terhadap murid-murid tetapi masih ada juga beberapa murid yang masih kurang
paham tentang materi tersebut. Oleh karena itu, kami mengajarkan materi
tersebut agar murid-murid lebih paham dan tidak tertinggal. Kami sebagai kakak
pengajar memilih mengajar dimulai dari rumus-rumus agar siswa/i lebih paham
dasarnya. Agar semua siswa/siswi lebih paham kami memberikan beberapa soal
sebagai quiz untuk dijawab oleh mereka(siswa/i). Kami mengajak anak-anak untuk
maju ke depan untuk menjawab masing-masing satu murid satu soal. Walaupun ada
beberapa yang masih ragu untuk menjawab soal tersebut, kami juga membantu
mereka untuk menyelesaikan soal tersebut. setelah itu mengerjakan latihan
tersebut kami meluangkan waktu dan membuat permainan agar murid-murid tidak
terlalu tertekan (stress) dengan materi tersebut, selain itu sambil menunggu
jam kelas berakhir.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar