Kelas
: LC01
Dosen
: Hermawan Windiya, S.Fil.,
M.Hum
Kode Dosen
: D3331
Waktu
: Senin, 28 Maret 2016
Jam
: 12.30 - 15.00
Lokasi
: Jalan Pln I RT 02/09,Kel.
Kemanggisan, Kec. Palmerah, Jakarta Barat.
Anggota yang hadir :
1. Muhammad
Fajri Ramdani (1901518701)
2. Annisa
Rahma Syuhada (1901529043)
3. Fiona
Cahyani (1901461325)
4. Arief
Ramadhan Faizal (1901499601)
5. Raymond
Dicksen (1901463715)
6. Robby
Shalahuddin (1901509672)
7. Danil
Priyanda (1901522043)
8. Dhia Qaedy
Satya Whicaksana (1901523872)
Anggota yang tidak hadir : Tidak ada
Pada minggu ke-3 ini ada beberapa anggota kami telat sedikit dikarenakan
sedang padetnya kendaraan di sekitar daerah tersebut namun ketelatan tersebut
masih bisa di toleransi. Minggu ke-3 ini kami anggota yang mengajar kelas 4
mengajarkan pelajaran IPS. Akan tetapi seperti biasa kelas dimulai dengan
rangkain kegiatan terlebih dahulu yaitu baris berbaris, membaca do’a, dan
menyanyikan lagu “Indonesia Raya”.
Pelajaran IPS ini
salah satu materi yang kebanyakan dianggap mudah oleh para murid-murid SD
ketimbang materi pelajaran lain. Kami mengajarkan materi “BAB – Perkembangan
Teknologi Komunikasi dan Transportasi”, materi itu merupakan materi umum pada
saat ini. Pada saat ini seperti yang kita ketahui komunikas dan traportasi
sudah berkembang sangat pesat. Kami memulai mengajar dari nama-nama ilmuan yang
menemukan benda-benda sebagai dasar teknologi komunikasi dan tranportasi yang
berkembang, seperti Alexander Grahambell yang menemukan telpon, karena beliau
lah yang membuat orang-orang pada jaman sekarang bisa berkomunikasi dengan
orang lain yang keberadaannya jauh dari kita. Namun tidak sesuai perkiraan
ternyata materi yang mudah juga masih ada beberapa murid yang bingung, lalu
kami berinisiatif menggunakan smartphone kami untuk membantu memberi penjalasan
melalui YouTube kepada murid-murid, dan ternyata cara itu sangat efektif
mungkin karena gambarnya lebih menarik dan sehingga mudah di pahami oleh
murid-murid. Berbeda dengan minggu sebelumnya setelah belajar kami bermain game
tetapi kami minggu ini memberi tugas kepada murid-murid untuk mengerjakan LKS
(Lembar Kerja Siswa) terlebih dahulu agar murid-murid bisa lebih paham dengan
materi yang anggota sampaikan. Setelah selesai kami bermain game seperti cerdas
cermat untuk mengetest tingkat kepahaman murid terhadap materi yang kami
sampaikan, tidak lupa juga kami memberi hadiah coklat kepada pemenang game
minggu lalu dan minggu ini. Setelah selesai kami berpamitan pulang dan tidak
lupa menanyakan materi apa yang ingin di dapat dari kami kepada murid-murid.
Para murid pun meminta kami mengajarkan pelajaran b.inggris untuk minggu
selanjutnya.
Sedangkan pada kelas 5, kami melanjutkan tugas untuk mengajarkan materi bahasa inggris. Kali ini kami lebih berfokuskan untuk melanjutkan materi yang telah dibahas sebelumnya.
Pada minggu pertama, kami memberi beberapa soal untuk murid-murid agar dapat dikerjakan di rumah. Akan tetapi, tugas yang kami berikan ternyata masih ada beberapa murid yang masih belum mengerjakan tugas tersebut adapun juga ketidaktahuan murid tentang tugas itu. Akhirnya, kami memutuskan untuk menuliskan tugas itu kembali didepan papan tulis dan memberi batas untuk menyelesaikan tugas sebelum pelajaran berakhir sedangkan sisa murid yang sudah mengerjakan tugas cukup menyimak kembali atau membantu teman yang lainnya.
Saat murid-murid masih mengerjakan soal, kami kakak-kakak pengajar mendampingi adik-adik dan juga membantu menjelaskan agar mereka lebih paham dan tidak kesulitan mengerjakan soal tersebut. Dalam beberapa saat mereka menyelesaikan tugas tersebut lebih cepat dari waktu yang telah kami berikan. Kemudian kami membahas soal tersebut bersama-sama. Setelah itu adik-adik meminta kami untuk memberikan beberapa permainan seperti hari sebelumnya sampai kelas berakhir.
Pada minggu ini kami mengambil kesimpulan bahwa ada beberapa murid yang memang susah mengerti pelajaran, mungkin karena ia malas untuk belajar. Tetapi kami berkewajiban membuat seluruh murid-murid mengerti apa yang kami ajarkan ke mereka.
Pada minggu pertama, kami memberi beberapa soal untuk murid-murid agar dapat dikerjakan di rumah. Akan tetapi, tugas yang kami berikan ternyata masih ada beberapa murid yang masih belum mengerjakan tugas tersebut adapun juga ketidaktahuan murid tentang tugas itu. Akhirnya, kami memutuskan untuk menuliskan tugas itu kembali didepan papan tulis dan memberi batas untuk menyelesaikan tugas sebelum pelajaran berakhir sedangkan sisa murid yang sudah mengerjakan tugas cukup menyimak kembali atau membantu teman yang lainnya.
Saat murid-murid masih mengerjakan soal, kami kakak-kakak pengajar mendampingi adik-adik dan juga membantu menjelaskan agar mereka lebih paham dan tidak kesulitan mengerjakan soal tersebut. Dalam beberapa saat mereka menyelesaikan tugas tersebut lebih cepat dari waktu yang telah kami berikan. Kemudian kami membahas soal tersebut bersama-sama. Setelah itu adik-adik meminta kami untuk memberikan beberapa permainan seperti hari sebelumnya sampai kelas berakhir.
Pada minggu ini kami mengambil kesimpulan bahwa ada beberapa murid yang memang susah mengerti pelajaran, mungkin karena ia malas untuk belajar. Tetapi kami berkewajiban membuat seluruh murid-murid mengerti apa yang kami ajarkan ke mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar